Rabu, 25 September 2013

Es pisang ungu



Umumnya sih es pisang ijo atau di sebut juga es palu butung kuliner khas Makasar ini emang lembut di lidah..,kebetulan bawa umbi ungu dari Indonesia saya modif jadi pisang Ungu/umbi ungu..bukan karna maniak warna ungu ya xixi..tapi emang suka banget dari kecil makan umbi warna ungu..
Dan khasiat dari umbi ungu ini banyak sekali tuk kesehatan,kandungan betakaroten,vit E dan C bermanfaat sebagai antioksidan pencegah kanker dan beragam penyakit kardiovaskuler,mencegah gangguan pencernaan,penyakit jantung,stroke banyak juga kan..serta kandungan zat aktif selenium dan iodin 20 lebih tinggi dari pada dari umbi lainnya sehingga umbi jalar ungu ini dapat menjadi anti kanker,warnanya yg alami bisa sebagai pewarna makanan tambahan daaann..baik juga untuk ibu hamil..gak sia-sia deh makan es pisang ungu pada saat hamil begini xixixixi

Anak2 juga sukaa banget..requestnya vla/bubur sumsumnya di banyakin..
Suguhan juga buat suami tercinta yang baru pulang kerja..pastinya udara siang yg masih sangat panas di Kuwait akan menghilangkan dahaga dengan semangkuk ES PISANG UNGU ;)
Alhamdulillah..bilangnya enak banget nih esnya..

silahkan resep yg mau di coba..,klo gak ada umbi ungu bisa di ganti ya.. bisa pake umbi warna apa aja..,bahannya juga mudah di dapat..

ES PISANG UNGU

BAHAN pisang ungu:

500 gr ubi ungu,kukus..haluskan
3 bh pisang raja/tanduk.cari yg sudah mateng banget spy manisnya legit
2 sdm tepung beras
100 ml santan
1 sdm gula bubuk
garam seujung sendok



BAHAN VLA / BUBUR SUMSUM :

50 gr tepung beras
500 ml santan
1 lmbr daun pandan
1/4 sdt garam
** boleh di tambah gula pasir jika suka sekitar 50 gr,sy gak pake karna pengen ada rasa gurih dr vlanya

PELENGKAP:

Es batu
sirup coco pandan/sirup merah
susu kental manis

CARA MEMBUAT :

1. Masukkan santan ke dlm ubi ungu yg sudah di haluskan aduk rata,tambahkan tepung beras,gula bubuk,garam aduk hingga tercampur rata.
2. balut pisang dengan adonan umbi ungu.kukus kurleb 20 menit,angkat dinginkan






CARA MEMBUAT VLA/BUBUR SUMSUM:

1. Campur semua bahan dalam panci,aduk santan dan tepung beras hingga larut pastikan tidak ada gumpalan.masak di api sedang..masak hingga kental dan meletup2.angkat dinginkan

Simple kaann..?? he he..

tinggal di tata di atas mangkok deh..







SELAMAT MENIKMATI DAN MENCOBA...
HAPPY BAKING 'N COOKING

1 komentar: